Loading...
PKL dan Penelitian
Pendaftaran

PKL

PKL atau Praktek Kerja Lapangan salah satu bentuk kegiatan yang bertempat di lingkungan kerja langsung. PKL bisa dilakukan oleh murid SMA/SMK, mahasiswa maupun karyawan baru. Di tingkat mahasiswa, PKL merupakan implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Penelitian

adalah suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta. Penyelidikan intelektual ini menghasilkan suatu pengetahuan yang lebih mendalam mengenai suatu peristiwa, tingkah laku, teori, dan hukum, serta membuka peluang bagi penerapan praktis dari pengetahuan tersebut. Istilah ini juga digunakan untuk menjelaskan suatu koleksi informasi menyeluruh mengenai suatu subjek tertentu, dan biasanya dihubungkan dengan hasil dari suatu ilmu atau metode ilmiah.

SATUAN KERJA KAMI

Tugas pokok BATAN sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 46 Tahun 2013 adalah melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan. Penelitian, pengembangan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir di Indonesia hanya diarahkan untuk tujuan damai dan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

BIRO UMUM (BU)

Melaksanakan koordinasi pengelolaan pengadaan dan perlengkapan, rumah tangga, keuangan dan perlaporan serta kegiatan tata usaha dan protokol.

BIRO PERENCANAN (BP)

Melaksanakan perencanaan program, menyusun anggaran, mengevaluasi pelaksanaan program penelitian, pengembangan dan perekayasaan, diseminasi serta manajemen kelembagaan.

BIRO HUKUM, HUBUNGAN MASYARAKAT, DAN KERJA SAMA (BHHK)

Melaksanakan koordinasi dan penyusunan peraturan perundang-undangan dan bantuan hukum, urusan hubungan masyarakat, kerja sama, dan pelaksanaan keamanan nuklir.

BIRO SUMBER DAYA MANUSIA DAN ORGANISASI (BSDMO)

Melaksanakan perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia, administrasijabatan fungsional, mutasi dan kesejahteraan pegawai, dan pengelolaan organisasi dan tata laksana.

PUSAT SAINS & TEKNOLOGI BAHAN MAJU (PSTBM)

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang penelitian dan pengembangan bahan maju berbasis teknologi nuklir, sains bahan industri nuklir, dan teknologi berkas neutron.

PUSAT SAINS & TEKNOLOGI NUKLIR TERAPAN (PSTNT)

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang penelitian dan pengembangan senyawa bertanda dan radiometri, pemanfaatan teknofisika, dan pengelolaan reaktor riset.

PUSAT SAINS DAN TEKNOLOGI AKSELERATOR (PSTA)

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang penelitian dan pengembangan fisika partikel, teknologi proses, dan pengelolaan reaktor riset.

PUSAT APLIKASI ISOTOP DAN RADIASI (PAIR)

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang penelitian dan pengembangan aplikasi isotop dan radiasi di bidang industri dan lingkungan, pertanian, dan proses radiasi.

PUSAT TEKNOLOGI KESELAMATAN DAN METROLOGI RADIASI (PTKMR)

Pusat di bidang penelitian dan pengembangan radioekologi, teknik nuklir kedokteran dan biologi radiasi, keselamatan kerja dan dosimetri, dan metrologi radiasi.

PUSAT TEKNOLOGI LIMBAH RADIOAKTIF (PTLR)

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang pengembangan teknologi dan pengelolaan limbah.

PUSAT TEKNOLOGI BAHAN GALIAN NUKLIR (PTBGN)

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang pengembangan teknologi eksplorasi, penambangan dan pengolahan bahan galian nuklir.

PUSAT TEKNOLOGI DAN KESELAMATAN REAKTOR NUKLIR (PTKRN)

melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang fisika dan teknologi reaktor, teknologi dan analisis keselamatan reaktor nuklir.

Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN)

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang pengembangan teknologi fabrikasi bahan bakar nuklir dan teknik uji radiometalurgi.

Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir (PKSEN)

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, pembinaan dan bimbingan di bidang pengkajian sistem energi nuklir, dan melaksanakan pemantauan data tapak dan lingkungan PLTN.

PUSAT REKAYASA FASILITAS NUKLIR (PRFN)

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidangperekayasaan instrumentasi, elektromekanik dan kendali, mekanik, struktur, dan proses fasilitas nuklir.

PUSAT TEKNOLOGI RADIOISOTOP DAN RADIOFARMAKA (PTRR)

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang teknologi produksi radioisotop dan radiofarmaka. Pengaturan mengenai Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka.

PUSAT REAKTOR SERBA GUNA (PRSG)

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan dan pembinaan dan bimbingan di bidang pendayagunaan Reaktor Serba Guna GA Siwabessy.

Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK)

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang diseminasi dan kemitraan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir.

PUSAT PENDAYAGUNAAN INFORMATIKA DAN KAWASAN STRATEGIS NUKLIR (PPIKSN)

Pusat di bidang pendayagunaan informatika dan pengelolaan kawasan strategis nuklir.

PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (PUSDIKLAT)

Melaksanakan program dan evaluasi pendidikan dan pelatihan, penyelenggaraan pelatihan dan pengembangan jabatan fungsional yang berada di bawah pembinaan BATAN.

PUSAT STANDARDISASI & MUTU NUKLIR (PSMN)

Melaksanakan standardisasi, jaminan mutu nuklir serta akreditasi dan sertifikasi.

INSPEKTORAT

Melaksanakan pengawasan intern di lingkungan BATAN.

SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NUKLIR (STTN)

Pendaftaran PKL dan Penelitian

[Format PDF dan Size max 10 MB]

PUSDIKLAT BATAN

Jl. Lebak Bulus Raya No. 9
Jakarta, 12440
Kotak Pos 1810 JKS, Indonesia
Telp. (021)7659409, 7659410
Fax: (021)7659408
Email: pusdiklat [at] batan.go.id